Ads


Diberdayakan oleh Blogger.

Kecilnya bumi kita

kita tinggal disebuah planet yang memiliki sistem solar yang bergerak dan masuk pada kelompok tata surya, dan berkumupul dari bilionan tata surya lain. perkumpulan tersebut disebut galaksi atau gugus bintang. dengan sungguh luar biasa banyaknya bintang, planet di alam semesta ini maka tidak menutup kemungkinan terdapat bintang yang sangat besar. karena bagi kita orang awam, kita hanya mengenal 8 planet dan 1 matahari, dan matahari adalah yang terbesar.
mari kita lihat besarnya bumi dan matahari agar kita bisa sadar betapa kecilnya kita, hidup dialam semesta ini, sehingga kita bisa mengenali Tuhan kita.

cekidot

diameter bumi berbanding matahari 1:109 X maka bila kita asumsikan bila matahari adalah bola sepak maka yupiter adalah setengah bola tenis dan bumi sebesar tidak lebih 1 biji lada.bisa kita bayangkan. betapa kecilnya kita. namun bila kita bandingkan dengan bintang terbesar yang pernah ditemukan manusia lewat sains



VY Canis Majoris (VY CMa) adalah bintang maha maharaksasa merah yang terletak di rasi Canis Major. Dengan jari-jari 1800 sampai 2100 kali radius Matahari, (8.4-9.8 SA (satuan astronomi), 1.5315×109km, atau 0.85×109mil), VY CMa merupakan bintang terbesar dan juga merupakan salah satu bintang paling bercahaya yang pernah diketahui selama ini. Bintang ini terletak sekitar 1.5 kiloparsec (4900 tahun cahaya, 4.6×1016km, atau 2.9×1016mil) dari bumi. Tidak seperti kebanyakan bintang maha maharaksasa lainnya, yang biasanya bersistem bintang ganda, VY CMa adalah bintang tunggal. VY CMa dikategorikan sebagai bintang bervariabel semi-regular. VY CMa memiliki kepadatan rata-rata 0.000005 sampai 0.000010 kg/m3.

Profesor Roberta M. Humphreys dari Universitas Minnesota memperkirakan radius VY CMa adalah 1800 hingga 2100 kali radius Matahari. Untuk mengilustrasikan, jika Matahari digantikan oleh VY CMa, radiusnya bisa melampaui orbit Saturnus. Cahaya membutuhkan lebih dari 2.7 jam untuk perjalanan mengelilingi keliling VY CMa, dibandingkan dengan 14.5 detik untuk Matahari. Untuk mengisi volume VY CMa, dibutuhkan 7×1015 Bumi.
Jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.
Tag : Info Penting
0 Komentar untuk "Kecilnya bumi kita"

Pengunjung dan pembaca yang baik akan bersikap Bijak dengan tidak akan melakukan, mengcopy paste tanpa menyertakan sumber. trimakasih

Back To Top